00:08

RCTI Online | RCTI Live Streaming

Reviewer: Dedi Suparman - ItemReviewed: RCTI Online | RCTI Live Streaming

Minggu, 16 Januari 2011

3 Cara Menyikapi COPAS (Copy Paste) Pada Blog

COPAS atau COpy PASte, sering dilakukan hampir semua blogger. Tetapi kadang kala, ada yang mencantumkan sumber COPAS dan ada juga yang tidak mencantumkan Sumber COPAS. Saya sendiri juga sering mengalami, artikel yang saya tulis sendiri, di COPAS oleh blogger lain. Dan saya pun pernah melakukan COPAS terhadap blog yang berisi konten berkualitas, tetapi saya selalu mencantumkan sumber COPAS tersebut.
Copas menurut saya hal yang wajar dan manusiawi asalkan orang melakukan COPAS mencantumkan sumber artikel tersebut. Karena dia merasa menghargai produk dan kreatifitas orang lain. Kalau tanpa menyebutkan sumbernya, wah…. keterlaluan banget tuh orang..
Seiring dengan berjalannya waktu, semakin bermunculan blog baru. Entah untuk tujuan apa blog tersebut dibuat. Tapi saya sebagai blogger, merasa senang sekali dengan menjamurnya blog di indonesia. Karena dengan menjamurnya blog berarti semakin maju pula dunia informasi dan teknologi di indonesia.
Oke tanpa perlu panjang lebar, saya sedikit berbagi mengenai pengalaman mengenai artikel yang di COPAS oleh blogger lain tanpa menyebutkan sumber Artikel, 3 Cara Menyikapi COPAS (Copy Paste) pada Blog :
1. Merasa Senang, Dengan diCopasnya artikel kita, berarti artikel kita menarik dan berkualitas sehingga perlu di Copas oleh orang lain.
2. Selalu Memantau blog yang mengcopas artikel kita, Hal ini perlu dilakukan untuk mengecek jumlah kunjungan yang dihasilkan oleh artikel yang dia COPAS.
3. Memberikan warning. Ini perlu dilakukan jika jumlah kunjungan ke blog pengcopas (artikel yang di copas) lebih besar dari artikel yang dia COPAS.
Mungkin dari pembaca mempunyai pengalaman, uneg-uneg, atau cara lain, silahkan sharing dengan mengisi di kolom komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar



CO.CC:Free Domain